Powered By Blogger

Jumat, 18 Desember 2009

pengertian peradaban

A.Pengertian Peradaban
Peradaban adalah istilah terjemahan dari civilization berasal dari kata latin Civil (warga kota) dan civitas (kota; kedudukan warga kota). Peradaban acapkali dalamberbagai literature disamakan dengan budaya atau kebudayaan. Geograf HUNTINGTON berpendapat bahwa peradaban mewujudkan puncak-puncak darikebudayaan. Manusia sudah berbudaya meskipun masih pada taraf primitiv. Tapi tak semua kebudayaan mampu mencapai puncaknya, kadang terhenti dengan apa yang disebut blind alleys, yakni jalan buntu. Misalnya yang dialami kaum Badwi yang hidupnya nomadis dari abad kea bad disekitar gurun Arab.
FRANS BOAS mendefenisikan Peradaban sebagai keseluruhan bentuk reaksi manusia terhadap tantangan alam sekitar, baik sebagai individu maupun kelompok. Peradaban meliputi Budaya materiil, relasi social, seni, agama dan ditambah lagi dnegan nsistem moral, gagasan dan bahasa.
Dalam pembicaraan masalah kota Kebudayaan mencakup segala adat kebiasaan pada suatu masyarakat. Jika suatu masyarakat mewujudkan suatu kelompok inndividu yang terorganisasikan dengan gaya hidup tertentu, maka gaya hidup itulah yang namanya budaya.
Kebanyakan defenisi budaya memberikan tekanan pada dua hal: Pertama, unsure-unsurnya baik yangberupa adat kebiasaan atau gaya hidup suatu masyarakat. Kedua, fungsi-fungsi yang spesifik dari unsure-unsur tadi demi kelestarian masyarakat dan solidaritas antar individu.
Antropolog MALINOWSKI (A scientific theory of Cuktire 1994) membedakan budaya Material dengan budaya Spiritual. Budaya Material manyangkut adat kebiasaan dan pranata kemasyarakatan, sedang Budaya Spiritual menyangkut berbagai harapan, nilai dan gagasan yang berlaku umum. Adapun OSWALD SPENGLER membedakan budaya dan peradaban sehingga seakan-akan dua gaya hidup yang berlawanan. Menurutnya budaya lebih dominan adalah nilai-nilai spiritual, yang menekankan pada perkembangan individu di bidang mental dan moral, sedang Peradaban pada hal-hal material yang menekankan pada kesejahteraan fisik dan material. Hal ini ia contohkan pada gaya hidup Yunani Kuno sebagai budaya dan Romawi Kuno sebagai peradaban.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar