Selasa, 11 Oktober 2011

Perkembangan Teknologi Penyimpanan Data (storage)

I Pendahuluan

I.1 Latar Belakang

Penyimpanan data komputer, berasal dari bahasa Inggris "computer data storage" sering disebut sebagai memori komputer, merujuk kepada komponen komputer, perangkat komputer, dan media perekaman yang mempertahankan data digital yang digunakan untuk beberapa interval waktu. Penyimpanan data komputer menyediakan salah satu tiga fungsi inti dari komputer modern, yakni mempertahankan informasi. Ia merupakan salah satu komponen fundamental yang terdapat di dalam semua komputer modern, dan memiliki keterkaitan dengan mikroprosesor, dan menjadi model komputer yang digunakan semenjak 1940-an.

Dalam penggunaan kontemporer, memori komputer merujuk kepada bentuk media penyimpanan berbahan semikonduktor, yang dikenal dengan sebutan Random Access Memory (RAM), dan kadang-kadang dalam bentuk lainnya yang lebih cepat tapi hanya dapat menyimpan data secara sementara. Akan tetapi, istilah "computer storage" sekarang secara umum merujuk kepada media penyimpanan massal, yang bisa berupa cakram optis, beberapa bentuk media penyimpanan magnetis (seperti halnya hard disk) dan tipe-tipe media penyimpanan lainnya yang lebih lambat ketimbang RAM, tapi memiliki sifat lebih permanen, seperti flash memory/

I.2 Rumusan Masalah

Yang menjadi masalah dalam makalah ini adalah :

(a) Apakah pengaruh dari perkembangan teknologi dalam storage?

(b) Bagaimana tanggapan masyarakat global terhadap perkembangan teknologi dalam storage?

I.3 Tujuan

Tujuan dibuat makalah ini adalah agar para pembaca dapat lebih memahami tentang perkembangan storage yang sangat segnifikan serta dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari


BAB II

ISI

II.1 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PENYIMPANAN DATA (Storage)

Perkembangan media penyimpanan data (data storage) sejak komputer tercipta berubah sangat signifikan. Perbandingannya sangat mencolok, sebagai contoh data yang tersimpan dalam sebuah media penyimpanan sangat kecil, di bawah 4096 bits. Jika dikalkulasikan, 1 DVD setara dengan 90.000.000 punch card!!.

II.1.a Punch Card

http://slametriyanto.net/wp-content/uploads/2007/05/punch_card.gif

Sejak tahun 1725 telah dirancang sebuah media untuk menyimpan data yang diperkenalkan oleh seorang tokoh bernama Basile Bouchon menggunakan sebuah kertas berforasi untuk menyimpan pola yang digunakan pada kain. Namun pertama kali dipatenkan untuk penyimpanan data sekitar 23 September 1884 oleh Herman Hollerith – sebuah penemuan yang digunakan lebih dari 100 tahun hingga pertengahan 1970. Contoh di sini adalah bagaimana sebuah punch card dapat berfungsi sebagai media penyimpanan, memiliki 90 kolom (90 column punch card), terjadi tahun 1972. Jumlah data yang tersimpan dalam media tersebut sangat kecil, dan fungsi utamanya bukanlah menyimpan data namun menyimpan pengaturan (setting) untuk mesin yang berbeda.

II.1.b Punch Tape
http://slametriyanto.net/wp-content/uploads/2007/05/punch_tape.gif

Seorang tokoh bernama Alexander Bain merupakan orang yang pertama kali mengetahui penggunaan paper tape yang biasanya digunakan untuk mesin faksimili dan mesin telegram (tahun 1846). Setiap baris tape menampilkan satu karakter, namun karena Anda dapat membuat fanfold dengan mudah maka dapat menyimpan beberapa data secara signifikan menggunakan punch tape dibandingkan dengan punch card.

II.1.c Selectron Tube

http://slametriyanto.net/wp-content/uploads/2007/05/selectron_tape.gif

Pada tahun 1946 RCA mulai mengembagkan Selectron Tube yang merupakan awal format memori komputer dan Selectron Tube terbesar berukuran 10 inci yang dapat menyimpan 4096 bits Harga satu buah tabung sangat mahal dan umurnya sangat pendek di pasaran

II.1.d Magnetic Tape

http://t3.gstatic.com/images?q=tbn:6jDzDY_SOXKunM:http://www.indigoshop.co.uk/media/gbu0/cat/magnetic-tape.jpg

Pada tahun 1950-an magnetic tape telah digunakan pertama kali oleh IBM untuk menyimpan data. Saat sebuah rol magetic tape dapat menyimpan data setara dengan 10.000 punch card, membuat magnetic tape sangat populer sebagai cara menyimpan data komputer hingga pertengahan tahun 1980-an.

II.1.e Compact Cassette

http://slametriyanto.net/wp-content/uploads/2007/05/compact_cassete.gif

Compact Cassette merupakan salah satu bagian dari Magnetic Tape, dikarenakan sudah banyak dari kita yang telah memilikinya, hal itu menjadi bagian yang khusus. Compact Cassette diperkenalkan oleh Philips pada tahun 1963, namun tidak sampai tahun 1970 menjadi populer. Komputer, seperti ZX Spectrum, Commodore 64 dan Amstrad CPC menggunakan kaset untuk menyimpan data. Standar 90 menit Compact Cassette dapat menyimpan sekitar 700kB hingga 1MB dari data tiap sisinya. Jika disetarakan dengan DVD, maka data dalam Compact Cassette dapat dijalankan selama 281 hari.

II.1.f Magnetic Drum


http://slametriyanto.net/wp-content/uploads/2007/05/magnetic_drum.gif

Magnetic Drum memiliki panjang 16 inci yang bekerja 12.500 putaran tiap menit. Media ini digunakan untuk menunjang komputer IBM 650 sekitar 10.000 karakter dari Memori Utama.

II.1.g .Floppy Disk

http://slametriyanto.net/wp-content/uploads/2007/05/floppy_disk.gif

Pada tahun 1969, floppy disk pertama kali diperkenalkan. Saat itu hanya bisa membaca (read-only), jadi ketika data tersimpan tidak dapat dimodifikasi maupun dihapus. Ukurannya 8 inch dan dapat menyimpan data sekitar 80kB. Empat tahun kemudian, floppy disk yang sama muncul dan dapat menyimpan data sebanyak 256kB. Selain itu, memiliki kemampuan dapat ditulis kembali (writeable). Perkembangan selanjutnya, pada tahun 1990 lahir disk dengan ukuran 3 inci yang dapat menyimpan data sekitar 250 MB, atau biasa disebut juga Zip disk.

II.1.h World’s first hard drive

http://slametriyanto.net/wp-content/uploads/2007/05/world_harddrive.gif

Tanggal 13 September 1956, komputer IBM 305 RAMA dalam kondisi tidak terselubungi. Komputer tidak mengalami perubahan sejak dapat menyimpan data sekitar 4.4 MB (setara dengan 5 milyar karakter) – saat itu sudah menjadi hal yang menakjubkan. Data tersimpan dalam 50 buah Magnetic Diks yang berukuran 24 inci. Lebih dari 1000 sistim dibangun dan diproduksi pada akhir tahun 1961. IBM mengeluarkan seharga $3,200 per bulan untuk memproduksi komputer.

II.1.i Hard drive

http://slametriyanto.net/wp-content/uploads/2007/05/hard_drive.gif

Hard drive masih diproduksi di bawah pengembangan yang tetap (konstan). Hitachi Deskstar 7K yang Anda lihat pada gambar di bawah adalah hard drive pertama kali yang dapat menyimpan data 500GB setara dengan 120.000 World’s first hard drive IBM 305 RAMAC. Hal ini cenderung tiap tahun kita dapat memperoleh drive yang dapat menyimpan data secara cepat dengan harga murah.

II.1.j Laser Disk

http://slametriyanto.net/wp-content/uploads/2007/05/laser_disk.gif

Tahun 1958, Laser Disk ditemukan namun tidak sampai tahun 1972 untuk pertama kalinya Video Disk didemonstrasikan kepada publik. Enam tahun kemudian, yaitu tahun 1978, sudah tersedia di beberapa pasaran. Hal yang tidak mungkin menyimpan data pada disk, namun mereka dapat menyimpan data dalam bentuk video dan gambar secara signifikan dengan kualitas tinggi lebih canggih dari teknik pada VHS.

II.1.k Compact Disk

http://t2.gstatic.com/images?q=tbn:X1JmEsUeuCpFdM:http://sundareswaran.com/wp-content/uploads/2009/01/digital-video-disc-dvd.png

DVD (Digital Versatile Disc atau Digital Video Disc) merupakan dasar dari CD menggunakan teknologi laser yang berbeda. Panjang gelombang laser menggunakan 780nm sinar inframerah (standar CD menggunakan 625 nm hingga 650nm sinar inframerah) yang membuatnya memungkinkan menyimpan data pada space yang sama. Dua lapisan DVD dapat menyimpan data sebesar 8.5 GB.

II.1.l Media Penyimpanan Masa Depan

http://slametriyanto.net/wp-content/uploads/2007/05/hvd.gif

Ada beberapa media penyimpanan data modern seperti kartu memori (memory card), kita tidak memiliki hal semacam itu, namun dalam perkembangan masa depan ada kemungkinan me-launching Blu-Ray dan HD DVD – persaingan dua format sebagai pengganti compact disc yang dapat menyimpan data lebih banyak.

Apa yang akan Anda ucapkan jika suatu saat memiliki Holographic Versatile Disc (HVD) yang dapat menyimpan data 160 kali lebih banyak dari Blu-Ray Disc. Kemampuan menyimpa data hingga 3.9 TB (Tera Byte) dalam sebuah disk atau secara dengan 4.600 – 11.900 jam menjalankan video menggunakan MPEG4.

II.1.m Solid State Disk

http://t1.gstatic.com/images?q=tbn:8p79Q5sm_11qpM:http://www.itechnews.net/wp-content/uploads/2007/01/pqi-64gb-ssd-sata.jpg

Intel saat ini mendorong perkembangan teknologi penyimpanan menggunakan Solid-State Drive(SSD) yang notabene mempunyai fungsi logik seperti Magnetic Disk namun mempunyai bentuk fisik yang tidak sama. Terdapat fenomena unik, pada beberapa sistem operasi SSD mempercepat kinerja, namun pada sistem operasi tertentu bahkan memperlambat kinerja. Berikan penjelasan secukupnya mengenai pengertian, fungsi, arsitektur SSD dan kenapa fenomena di atas bisa terjadi? Berikan perbandingan teknologi SSD dengan Hard Disk Drive(HDD)?

Solid-State adalah istilah bidang elektronik untuk menyatakan sirkuit elektronik yang menggunakan bahan semi konduktor. Awalnya digunakan untuk mengartikan alat alat yang terbuat dari bahan semi konduktor seperti transistor pada radio. Dan arti Solid-State Disk (SSD) adalah media penyimpanan utama terbuat dari bahan semi konduktor bukan terbuat dari media magnetik seperti hard disk. Media Penyimpanan dengan menggunakan bahan semi konduktor telah ada pada USB flash drive, namun yang membedakan adalah kapasitas dan desainya. SSD memiliki kapasitas yang lebih besar serta di desain untuk di gunakan di dalam komputer seperti hard disk.
Setidaknya terdapat dua arsitektur pada SSD yaitu Flash based, DRAM based. Kebanyakan SSD menggunakan flash based yang dikenal dengan nama flash disk. flash based ini tidak menggunakan baterai dan terdapat dua komponen yaitu cache (menggunakan DRAM ukuran kecil), dan Energy storage berbentuk kapasitor menjaga integritas data ketika daya SSD mati, maka data akan di jaga di dalam cache. Sedangkan untuk DRAM based mempunyai data akses yang sangat cepat dengan internal baterai dan backup storage sistem untuk menjaga integritas data ketika tidak ada daya. DRAM based SSD sangat cocok untuk digunakan pada komputer yang telah mempunyai jumlah maksimal RAM.
SSD mempunyai banyak kelebihan di bandingkan dengan hard disk. Hal ini terjadi karena SSD tidak mempunyai bagian yang bergerak, sedangkan hard disk mempunyai motor yang berputar di atas magnetik plat dan drive head. Akibat hal tersebut maka SSD lebih hemat dalam penggunaan daya, akses data yang cepat(50% lebih cepat dalam pembacaan dan 48 % lebih cepat dalam penulisan) dan reabilitas yang tinggi. Berat SSD sangat ringan, 1/5 dari berat HDD dengan kapasitas mendekati SSD kapasitas 64GB dan HDD 80 GB

Pengunaan daya menjadi kunci utama dari SSD karena tidak diperlukan daya untuk menggerakan motor. Walaupun banyak industri yang membuat hard disk hibrid dengan menggurangi daya dalam penggunaan motor, namun tetap saja SSD membutuhkan lebih sedikit daya dibandingkan hard disk hibrid. Akses data yang cepat tentunya akan membuat orang senang. Karena SSD tidak mempunya motor yang bergerak, data dapat di baca dengan mudahnya, serta rebilitas juga tinggi karena hard disk plat merupakan barang yang sensitive, hanya dengan benturan sedikit saja yang mengakibatkan bergeseran plat akan membuat kerusakan pada hard disk.Tetapi untuk saat ini, teknologi SSD masih jarang di terapkan akibat beberapa faktor diantaranya adalah Harga, pada pertengahan 2008 harga SSD masih sangat tinggi dibanding hard disk, untuk hard disk harga per GB nya berkisar US$2.00 sampai US$3.45 sedang kan untuk SSD US$80.00 yang ke dua adalah Kapasitas untuk kepasitas SSD masih rendah bila di bandingkan hard disk. Kecepatan tulis yang rendah jauh di bawah hard disk. SSD Meski tidak mengeluarkan suara (0 dB), namun untuk penggunaan lama, SSD 15% lebih panas dibandingkan HDD.

Sistem operasi yang paling cepat menggunakan SSD adalah windows 2000 karena tidak adanya aplikasi yang berjalan secara background, sedangkan Sistem Operasi Windows vista kurang begitu maksimal performanya karena desain Windows vista tidak dibuat untuk mengoptimalkan kinerja flash memory SSD. Sehingga para prodosen SSD harus dapat menyediakan internal controler teknologi agar compatible dengan vista. Sedangkan untuk mac OS X lebih cepat dibandingkan vista karena sama seperti wondows 2000, tidak ada program yang berjalan secara background.

II.1.n Flash Disk

http://arima07.files.wordpress.com/2009/08/flash-disk.jpg

USB flash drive adalah alat penyimpanan data memori flash tipe NAND yang memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi. Flash drive ini biasanya berukuran kecil, ringan, serta bisa dibaca dan ditulisi dengan mudah. Per November 2006, kapasitas yang tersedia untuk USB flash drive ada dari 128 megabyte sampai 64 gigabyte.

USB flash drive memiliki banyak kelebihan dibandingkan alat penyimpanan data lainnya, khususnya disket atau cakram padat. Alat ini lebih cepat, kecil, dengan kapasitas lebih besar, serta lebih dapat diandalkan (karena tidak memiliki bagian yang bergerak) daripada disket.

USB Flash Drive dalam Windows
Sistem operasi Microsoft Windows mengimplementasikan USB flash drive sebagai USB Mass Storage Device, dan menggunakan device driver usbstor.sys. Karena memang Windows memiliki fitur auto-mounting, dan USB flash drive merupakan sebuah perangkat plug and play, Windows akan mencoba menjalankannya sebisa mungkin sesaat perangkat tersebut dicolokkan ke dalam soket USB. Windows XP dan yang sesudahnya bahkan memiliki fitur Autoplay, yang mengizinkan flash drive tersebut diakses secara keseluruhan untuk menentukan apa isi dari USB flash drive tersebut.

Akhir-akhir ini, banyak virus komputer lokal seperti halnya Brontok/RontokBro, PendekarBlank, dan virus lokal lainnya menggunakan USB flash drive sebagai media transmisi virus dari satu inang ke inang lainnya, menggantikan disket. Virus-virus yang sebagian besar berjalan di atas Windows tersebut akan semakin cepat beredar ketika memang Windows mengakses drive teserbut menggunakan fitur autoplay yang dimiliki oleh Windows. Karenanya, ada baiknya untuk menonaktifkan fitur autoplay, meski hal ini kurang begitu membantu mencegah penyebaran virus.


BAB III

Penutup

Perkembangan teknologi sangat mempengaruhi pola hidup manusia khususnya untuk memenuhi tuntutan global. Sesuai dengan rumusan masalah yang kami bahas dalam makalah ini, kami mempunyai kesimpulan bahwa perkembangan teknologi dalam bidang penyimpanan data (storage) atau penyimpanan, dapat mempermudah manusia untuk melakukan tugas atau pekerjaannya dengan lebih mudah dan praktis.

Kami berharap dengan makalah ini, pembaca dapat lebih memahami akan perkembangan teknologi dalam bidang penyimpanan data (storage) serta dapat mengaplikasikan nya dalam kehidupan sehai-hari.

Demikianlah makalah ini kami buat. Kami memohon maaf apabila dalam makalah ini terdapat kekurangan karna keterbatasa data.



1 komentar:

  1. Josh..kok yang lainnya belum ada? Oh ya, lain kali letakkan catatan kaki atau sumber kutipan pada akhir tulisan.

    BalasHapus